TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch
Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Wednesday, October 27, 2010

Berhaji
Perintah Menyempurnakan ISLAM

keIslaman seseorang baru bisa dikatakan sempurna bila ia telah melaksanakan rukun Islam, yakni mengucapkan sahadat, mendirikan sholat, berpuasa di bulan Ramadhan, membayar zakat serta melaksanakan ibadah Haji .
namun, untuk melaksanakan ibadah haji, sejumlah syarat harus dipenuhi. Syarat yang paling mendasar adalah mampu – baik secara mental, fisik maupun financial.

Haji merupakan ibadah yang relative tidah mudah untuk dilaksanakan. Untuk melaksanakannya calon haji harus berbadan sehat, dan harus mempunyai perbekalan cukup bagi pelaku dan keluarga yang ditinggalkannya. Fisik harus sehat da kuat serta memiliki kemampuan financial yang cukup, karena ibadah haji dilaksanakan dilapangan terbuka, dibawah cuaca yang terik dan dingin secara ekstrim, ditempat yang jauh dari tempat tinggal serta dalam waktu lama.

Ditambah, fakta bahwa calon haji sebaiknya punya bekal pengetahuan yang memadai, khususnya tentang manasik haji. Mengingat persyaratan yang relative berat tersebut, tidak setiap orang sanggup melaksanakannya dengan sempurna.

Yang menjadi pertanyaan kini, mengapa ALLOH memerintahkan umatnya melakukan ibadah haji yang cukup berat tadi? Haji pada pokoknya adalah perjalanan mengubah diri menuju ALLOH. Haji adalah sebuah contoh pertunjukan penciptaan Adam, perjuangan Ibrahim melawan godaan Syetan dan menegakkan ajaran ALLOH, serta serangkaian cobaan yang dialami Siti Hajar menghadapi kerasnya hidup.

Semua peristiwa itulah yang harus dihayati dan diingat oleh ummat ISLAM melalui ibadah Haji. Pertunjukan sejarah itu begitu penting karena inilah lakon sejati kehidupan manusia. Intinya, dalam hidup kita wajib menentang nilai-nilai sesat, dan mengikuti jalan yang lurus yang dicontohkan  Ibrahim dan Ismail serta ketabahan Siti Hajar.

Begitu pentingnya semangat ibadah haji ini, sehingga ibadah ini hukumnya wajib dan termasuk salah satu Rukun Islam. Kewajiban menjalankan ajaran Ibarahim ini diserukan kepada seluruh umat manusia, terlebih kepada ummat ISLAM.


Source: google.com